Mountain View
WHAT'S NEW?
Loading...

Beda gerhana matahari 'cincin api' tahun 2012 dan 2013


Di tahun 2012 lalu, masyarakat bumi juga menikmati pemandangan 'cincin api' atau gerhana matahari total. Kira-kira apa bedanya dengan gerhana matahari yang terjadi pagi ini?

Pada bulan Mei yang sama seperti tahun lalu, pemandangan gerhana matahari total pernah menghiasi langit bumi. Banyak orang dengan pelbagai cara ingin mencoba mengabadikan dan menyaksikan peristiwa angkasa tersebut.

Akan tetapi, untuk masalah penanggalannya, 'cincin api' yang muncul di tahun 2012 dan 2013 sedikit berbeda. Apabila di tahun 2012 gerhana matahari total 'model cincin' atau biasa disebutannular/annulus ini menampakkan diri pada pertengahan bulan, di tahun 2013 ini, gerhana matahari total terjadi sedikit di awal bulan atau tepatnya hari ini (10/05).

Namun, dari dua peristiwa tersebut, kira-kira lebih bagus mana gerhana matahari total 'model cincin' di tahun 2012 dan 2013 ini?

Menurut para pakar, gerhana matahari total di tahun 2012 dan 2013 ini dikategorikan annular solareclipse atau ketika bulan menutupi 'cakram' matahari.

Mengutip dari Space (09/05), para ahli mengatakan bahwa gerhana matahari yang terjadi di bulan Mei 2013 ini memiliki jarak yang mendekati titik terjauh dari bumi atau yang disebut apogee.

Dengan jarak seperti ini, maka bulan tidak akan menutupi seluruh permukaan matahari dan menyisakan lingkaran kecil yang disebut juga Ring of Fire atau cincin api.

Namun, apabila melihat hasil foto gerhana matahari yang terjadi di Australia pagi tadi, nampaknya peristiwa ini lebih layak disebut total solar eclipse daripada annual solar eclipse, karena bulan menutupi seluruh permukaan matahari dan menyisakan bias sinarnya saja.


Gerhana matahari Mei 2013

Walaupun berbeda dan boleh dikatakan lebih bagus dari tahun kemarin, namun tetap saja, banyak orang yang menanti kehadiran peristiwa tersebut dan mengabadikannya dengan gadget mereka.

Sember : Merdeka
Editor : Deni

0 comments:

Posting Komentar